Tips Menjaga Kesehatan Otak

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan salah satu bagian penting dari tubuh kita, sebagaimana badan kita yang perlu dijaga kebugarannya, maka otakpun juga memerlukan perawatan agar tetap terjaga kesehatannya. Dibawah ini ada beberapa kiat praktis dalam menjaga kesehatan otak:

  • Lakukan olahraga secara rutin dengan kadar cukup
    Olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigen bagi otak kita. Selain itu juga merangsang pertumbuhan sel baru pada bagian otak yang berhubungan dengan peningkatan daya ingat dan kemampuan untuk mempelajari informasi baru. Jalan-jala/lari-lari pagi setiap hari selama 30 menit sudah cukup membantu meningkatkan kualitas kesehatan otak kita.
  • Minum air putih
    Karena otak terdiri dari mayoritas air sekitar 72-78%, maka kekurangan cairan akan mengakibatkan berkurangnya kemampuan berpikir dan menurunnya daya serap informasi. Jika saat ini Anda sedang mengalami PDI (penurunan daya ingat) maka Anda perlu menge-cek diri Anda, barangkali Anda mengalami kekurangan cairan. Minum air putih 8 gelas sehari maka tubuh Anda akan terasa lebih segar dan tentu saja daya kerja otak Anda akan lebih optimal.
  • Nutrisi yang sesuai
    Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja otak. Makan makanan yang banyak mengandung antioksidan akan sangat baik dalam melawan radikal bebas yang dapat mengganggu kerja sel tubuh. Antioksidan dapat dijumpai dalam makanan, sayur, atau buah yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan Beta Caroten. K-Liqudi Chlorophyll bisa Anda tambahkan dalam daftar minuman kesehatan yang sangat baik dikonsumsi karena mengandung 60 nutrisi dan antioksidan yang tinggi, efektif dalam melawan radikal bebas, juga meningkatkan daya tahan tubuh.  Asuplah suplemen herbal K-Sageplus yang diformulasikan khusus untuk kesehatan otak. Bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat, membantu meredakan stress, dan mengontrol emosi. Selain itu, K-SagePlus juga membantu meningkatkan efisiensi aktivitas dan kerja otak, juga membantu meningkatkan pengaturan system syaraf pusat dan sirkulasi darah. Di samping mengasup makanan bernutrisi seimbang juga hindari makan makanan fast food/junk food.
  • Jauhi tiga hal berbahaya (rokok, alkohol, dan obat-obatan berbahaya/NAPZA)
    Zat kimia yang terdapat dalam asap rokok sangat buruk efeknya bagi kesehatan kita. Ada yang berpendapat bahwa satu hisapan rokok akan membunuh lebih dari 1000 sel otak. Merokok selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang di sekitar kita yang secara tidak langsung ikut menikmati dampak negatifnya. Kadar alkohol  yang berlebihan dalam darah juga akan sangat mengganggu proses kerja otak, apalagi sampai mengkonsumsi zat berbahaya seperti narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.
  • Tantang otak Anda
    Otak kita memiliki sifat mirip dengan otot tubuh. Otot tubuh bila sering dilatih dan digunakan akan semakin kuat dan berkembang (hipertrofi). Dan sebaliknya jika otot tubuh yang tidak atau jarang dilatih akan menjadi lemah dan mengecil (atrofi). Demikian juga dengan otak kita, bila kita tidak menggunakan otak kita, maka kemampuan otak akan menurun. Melakukan berbagai kegiatan yang merangsang dan menantang otak atau intelektualitas seperti: membaca, berdiskusi, melakukan penelitian, menulis karya ilmiah, dll dapat meningkatkan kinerja otak kita.
  • Pilih lingkungan yang positif dan mendukung
    Lingkungan yang bersifat mendukung dan dapat menstimulasi pemikiran Anda akan sangat baik bagi kekuatan daya pikir Anda. Sebaliknya berada pada lingkungan yang banyak memberi tekanan mental dan stress akan sangat menghambat kinerja otak
    Okay guys, lets Keep Our Brains With a Healthy Lifestyle 

Posted on October 11, 2012, in Tips Sehat and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment